jenis mesin yang biasa di gunakan bengkel tekhnik

mesin bubut  adalah induk dari segala jenis mesin produksi sparepart . Fungsi mesin bubut  adalah membuat bentuk material dasar (raw material) menjadi bentuk bulat atau silinder . Sistim kerjanya adalah benda kerja  berputar sementara  pahat/pisau(tool) bergerak ke kana-kiri-maju-mundur..
2. Mesin Frais & Milling :

frais
Mesin Frais
milling
Mesin Milling

mesin frais dan miling berfungsi untuk membuat benda kerja kotak atau tidak beraturan menjadi rata atau terpangkas di beberapa bagian . Mesin frais hampir sama dengan mesin milling, bedanya  mesin miling mempunyai keunggulan secara fungsi , antara lain yaitu kepala penjepit tool yang bisa  di rubah posisi dari vertikal ke horisontal atau membentuk sudut hingga 90 derajat dari posisi vertikal. Sistem kerja mesin frais/milling adalah benda kerja diam(tidak berputar) tapi bergerak ke kana-kiri-maju-mundur  sementara tool berputar.

 KLIK2      KLIK2 
3. Mesin Bor (drill)

Mesin Bor (Drill)
Mesin Bor (Drill)

berfungsi untuk membuat lobang ,mesin frais dan millingpun bisa untuk membuat lobang ,mesin bor hanya khusus untuk membuat lobang.
4. Mesin Las :
4.1. Las Karbit/acetilyn
:

mesin las karbit
mesin las karbit

bisa untuk mengelas semua jenis logam ,terdiri dari tabung karbit atau    tabung  acetilyn dan tabung oksigen, serta blender(stang las )
4.2. Las Listrik
:

mesin las
mesin las

digunakan untuk mengelas Logam besi dan stainles, selain logam diatas maka tidak bisa dilas dengan menggunakan mesin las listrik
     4.3. Las Argon :

las argon
las argon
mesin las argon
mesin las argon

ini adalah perpaduan antara las listrik dengan las karbit/acetilyn. Bisa digunakan untuk mengelas semua jenis Logam.Las Argon biasa disebut dengan nama las dingin,karena benda yang di las tidak terlalu panas setelah dilas . Masih ada beberapa mesin las lagi ,tetapi tiga jenis mesin las diatas adalah yang paling banyak dipakai dalam proses produksi sparepart diworkshop-workshop pada umunya di seluruh dunia.
5.a    Mesin Gigi :

mesin frais gigi
mesin frais gigi

Berfungsi untuk membuat roda gigi luar , roda gigi adalah jenis spare part yang paling banyak dipakai untuk mesin. Berfungsi mentransmisikan/memindahkan daya atau kecepatan putar sebuah benda berputar. Pada umumnya mesin gigi terbagi menjadi dua yaitu :
5.b     mesin frais gigi dan mesin  hobing.

mesin gigi hobing
mesin gigi hobing

Perbedaan diantara kedua mesin itu adalan mesin frais gigi mempunyai tool(pahat/pisau) yang berbentuk seperti roda gigi ,cara penyayatannya adalah satu-satu atau pergigi , sedangkan mesin hobing mempunyai tool(pahat/pisau) yang berbentuk seperti ulir dan penyayatannya bisa bersamaan beberapa gigi  tergantung modul.
6. Mesin Grapheer (grafir) :

mesin grafir
digunakan untuk membuat bentuk  seperti benda contohnya , benda kerjanya berupa lempengan atau datar , cara kerjanya mirip mesin frais akan tetapi mesin grafir dilengkapi dengan alat pemandu arah gerak benda kerja yang  didasarkan dari contoh.
7.  Mesin Copy Milling :

mesin copy milling
mesin copy milling

Berfungsi seperti mesin grafir tapi copy milling bisa mengerjakan 3 dimensi  sedangkan  mesin grafir hanya 2 dimensi .
8. Mesin Wirecut :

mesin wire cut
mesin wire cut

Berfungsi untuk membuat potongan pada selembar besi pelat yang tebal dengan ketipisan potongan setebal kawat serabut kabel. Contoh dari hasil kerjanya adalah misalnya membuat huruf dari pelat logam
besi .

10. Mesin Sekrap

Mesin sekrap

Berfungsi meratakan benda bentuk balok , mesin frais atau milling  juga bisa melakukannya tapi dari sisi kecepatan maka mesin sekrap lebih unggul 3 x lipat , kelemahannya dibanding mesin frais dan miling adalah mesin sekrap bekerja sangat kaku dan hanya mengerjakan perataan lurus dan tembus .
10. Mesin Stick :

mesin stik
mesin stik

Berfungsi seperti mesin skrap tapi vertikal , biasanya  untuk membuat roda gigi dalam dan lobang spie

10. Mesin Pond :

mesin pon
mesin pon

Berfungsi untuk membentuk dengan cara memukul benda kerjanya , benda kerjanya berupa pelat dengan ketebalan  tergantung dari kekuatan mesin pon itu sendiri dan matres pon yang terpasang di mesin itu . .

Itu lah sedikit dari banyak sekali mesin yang biasa di gunakan di workshop-workshop tekhnik. Lazimnya workshop – worksop tekhnik itu disebut dengan nama : bengkel bubut .

Masih ada beberapa jenis mesin lainnya yang  digunakan dalam pembuatan sparepart , mesin-mesin yang kami sebutkan diatas adalah mesin-mesin yang lazim bagi komunitas tekhnik .