The best way to cut the frame pipe

Ada beberapa cara memotong pipa untuk di sambung dengan pipa lainnya , beberapa cara itu ada yang benar dan ada pula yang kurang tepat sehingga berakibat sambungan terlihat kurang rapih dalam pengelasan , kekuatan tidak maksimal , dan kurang presisi .

Setelah kita memilih pipa yang benar untuk pembuatan frame motorcycle maka kita kemudian , merangkainya dengan pipa yang lainnya dan kemudian di las dengan las Argon (GTAWGas Tungsten Arc Welding ) atau  disebut juga TIG ( tungsten inert gas ) welding , atau bisa saja dengan menggunakan las listrik ( SMAW – Shielded Metal Arc Welding  ) disebut juga  MMA atau MMAW – Manual Metal Arc Welding disebut juga  Flux Shielded Arc Welding  dan secara umum dalam duniatekhnik disebut ” Las Stik “ / stick welding , saya tidak menyinggung tentang Las karbit atau Las asitilin karena kurang pas untuk pengelasan rangka / frame motorcycle .

Kembali ke topik cara memotong pipa , berikut gambarannya , jika pipa itu akan di potong 90 derajat maka harus tepat 90 derajat , demikian pula untuk sudut kemiringan yang lainnya  harus benar-benar tepat dengan sudut yang direkomendasikan pabrikannya .

cara memotong pipacara memotong pipa2

cara memotong miring pipa2cara memotong miring pipa

Pemotongan pipa sambungan untuk frame harus sempurna agar pengelasannya bagus  dan kuat juga hasilnya lebih indah dan finishingnya mudah dan cepat , pemotongan bisa menggunakan Gurinda namun jika kurang mahir maka hasilnya kurang maksimal , maka dari cara ini kurang bagus dan tidak saya sarankan .

Pemotongan yang saya sarankan adalah dengan menggunakan mesin bor korter khusus , jika tidak punya mesinnya maka bisa dengan menggunakan mesin bor frais atau mesin milling , dan jika anda mempunyai mesin bubut maka itu lebih baik karena cekam mesin bubut lebih kuat dan bisa meredam getaran pemakanan pisau ketika proses pemotongan pipa  dilakukan .

no gurindaakorter  pipa

Jika anda mempunya mesin bubut atau anda mempunyai mesin milling atau mesin bor frais maka caranya cukup mudah , untuk mesin bubut maka buatlah pemegang pipa pada eretan atas mesin bubut , kemudian pasang pisau korter pipa pada kepala putar mesin bubut . ( Pisau ini bisa di dapatkan di toko peralatan tekhnik, untuk di bandung bisa di peroleh di PD.Usaha Tekhnik di sebelah pertokoan cikapundung ,PD. Pusaka jl.Sunda  atau di beberapa toko di Pasar Jatayu , Ciroyom ,Bandung  yang sebelah timur , atau bisa juga du pertokoan sekitar jl suniaraja ) ,setelah terpasang maka hidupkan mesin bubut dengan  200 rpm dan mulailah beraksi .

korter  pipa2korter  pipa23

korter  pipa3korter  pipa34

Cara memotong pipa dengan mesin milling sama persis dengan cara memotong pipa dengan mesin bubut , perbedaannya adalah jika pada mesin bubut cara pemotongannya horisontal maka pada mesin milling adalah vertikal , jadi saya kira tidak usah dibahas .

Jika anda tidak mempunyai mesin diatas maka bisa menggunakan mesin bor tangan ukuran besar ( jika memakai bor tangan ukuran kecil maka dikhawatirkan mesin bornya cepat rusak ) .
Caranya hampir sama dengan cara pada mesin bubut , tapi cara ini membutuhkan pemegang kendali arah mata pisau . Bentuk pisaunya sama dengan bentuk pisau pada cara mesin bubut , tapi pada tengah pisau ditambah dengan as / shaft yang terbuat dari baja untuk mengendalikan arah mata pisau .

korter  pipa manualkorter  pipa manual23

Secara lebih detail akan saya gambarkan dalam bentuk animasi berikut ini .

( website sedang dalam pembaharuan )

salam , heri ristamaji .