Menerima Pengecoran Logam dan Cetak Logam

Pengecoran Logam

lapak cor back ground

Die casting

Kami melayani pesanan cor logam, cetak plastik /nylon , cetak karet , beserta finishingnya , Pembuatan pin , atribut , logo , papan nama , pelat indikator , mistar , piagam logam , patung logam , kalung wisuda dll .
Daftar harga cor logam bisa di lihat di bawah ini .


Die casting adalah proses manufaktur yang dapat menghasilkan bagian logam geometris kompleks melalui penggunaan cetakan , yang disebut Dies ( baca : dais) . Proses die casting melibatkan penggunaan tungku, logam, mesin pengecoran, dan dies. Logam bahan cor  biasanya paduan non-ferrous seperti aluminium atau seng, dilebur dalam tungku dan kemudian disuntikkan ke dalam dies dalam mesin die casting.

 KLIK2      KLIK2 
Ada dua jenis utama dari mesin die casting – mesin ruang panas (digunakan untuk paduan dengan suhu leleh rendah, seperti seng) dan mesin ruang dingin (digunakan untuk paduan dengan suhu leleh tinggi, seperti aluminium). Perbedaan antara mesin ini akan kami uraikan nanti. Namun, dalam kedua mesin, setelah logam cair disuntikkan ke dies, dengan cepat mendingin dan mengeras ke dalam bagian akhir, yang disebut casting.
Langkah-langkah dalam proses ini dijelaskan pada bagian berikutnya. Coran yang dibuat dalam proses ini dapat sangat bervariasi dalam ukuran dan berat, mulai dari beberapa ons hingga 100 kilogram.
Salah satu aplikasi umum dari bagian die cast adalah perumahan yang terbuat dari paduan logam lunak ,biasanya orang awam menyebutnya baja ringan. Peralatan dari logam yang digunakan dirumah-rumah banyak yang dibuat dengan die cast.
Beberapa komponen otomotif juga diproduksi dengan menggunakan die casting, termasuk piston, kepala silinder, dan blok mesin. Bagian die cast umum lainnya termasuk baling-baling, roda gigi, ring, pompa, dan katup.
Proses Proses siklus untuk die casting terdiri dari lima tahapan utama, yang dijelaskan di bawah ini. Total waktu siklus yang sangat pendek, biasanya antara 5 detik dan 1 menit.
Berikut Urutan Prosesnya :

CARA  CETAK  LOGAM

Cetak logam seperti pin , atribut , accesories 3 dimensi , gantungan kunci dan yang sejenisnya bisa di buat sendiri dirumah dengan cara seperti di bawah ini :
1.  Langkah pertama adalah mempersiapkan desain 3 dimensi  yang disebut dengan mal atau  master cetak  .
Dalam mempersiapkan mal biasanya diperlukan negativ film untuk mencetak tulisan , kemudian untuk bagian yang dalam maka dilakukan grafir atau milling CNC ( milling computer )  biayanya sekitar Rp. 500.000,- s/d  Rp. 1 juta  ( Untuk barang atau atribut dengan ukuran dimensi standard < 60 x 50 x 5 > ) .
2.  Langkah kedua adalah mempersiapkan cetakannya , bahan cetakan adalah berupa karet sintetis ( silicone rubber ) dengan kekerasan atau sohr 60 . Harga karet silicone saat ini berkisar Rp.275.000,- per kilogramnya . Untuk barang atau atribut dengan ukuran dimensi standard ( 60 x 50 x 5 ) membutuhkan karet silicon kurang lebih sebanyak  1 kg – 1.5 kg .
3.  Langkah ketiga adalah membuat cetakan dengan cara menempelkan  master cetak kepada badan cetakan ( karet silicone ) bagian bawah , kemudian sisi – sisi disekitar master diberilah kertas koran dua lapis . Ini dilakukan agar  badan atas cetakan tidak menyatu dengan badan bawahnya .

4. Langkah ke empat adalah menempatkan pengunci cetakan , pengunci ini terbuat dari besi yang di lapis krom atau bisa juga dari stainless atau bisa juga dari bahan bronze , bentuknya seperti kancing celana jeans tapi diameternya sekitar 8 mm .
Jumlah kancing berkisar sekitar 10 ~ 20 pcs.

5.  Langkah kelima adalah merekatkan kedua badan cetakan atas dengan bawahnya , kemudian di tempatkan pada mesin press karet dan tekan dengan menggunakan ulir poros mesinnya dengan kekuatan sedang .

6.  Panaskan dasar mesin press dengan api sedang selama lebih kurang 60 menit .

7. Proses pembuatan cetakan selesai .

8. Proses pengecoran bisa dilakukan , pertama dengan memanaskan bahan timah pada tungku peleburan timah .

9.  Tempatkan cetakan pada mesin putar ( spin casting machine ) dengan rpm 150 . Sebelumnya olesi permukaan dalam cetakan dengan bedak pelicin atau bedak bayi seperti bedak talek herocyn  .

10. Jika bahan timah sudah lebur maka tuangkan pada cetakan yang berputar tersebut dengan ukuran 30% lebih banyak di banding hasil cetakannya.

11. Matikan mesin putar dan setelah berhenti maka proses  cor selesai , kemudian angkat cetakan dan buka , jika hasil cor bagus maka teruskan tapi jika masih tekor maka periksa jalan-jalan masuknya bahan cor , pasti kurang sempurna .

12.  Setelah selesai maka tahap pendinginan dilakukan dengan membiarkan hasil cor tetap jangan tersentuh selama belum dingin .

13.  Lakukan finishing sisi – sisi barang hasil .

14. Finishing pengecatan dilakukan dengan menggunakan cat nipe 2000.
15. Finishing poles di lakukan setelah cat kering dan proses lapis elektroplating dilakukan .

16. Langkah selanjutnya adalah langkah mendekati detik-detik akhir atau kami sebut ” T-96 ” adalah pemberian kaki – kaki barang hasil dilakukan dengan menggunakan solder dan air raksa atau soda api

17. Bungku u u u u u u s s s s s s s s …….!!!!!!!!!

DAFTAR HARGA JASA COR  :

( harga belum termasuk ongkos kirim )

COR BESI UMUM ( FC )  = 19 rb/Kg
COR BESI FCD 35 = 31 rb / Kg .
COR BESI FCD 45 = 41 rb/Kg .COR ALUMUNIUM = 55 rb/Kg .
COR ALUMUNIUM DURAL = 75 rb/Kg .
COR KUNINGAN = 115 rb/Kg .
COR BRONZE  = 135 rb/Kg .
COR GS = 95 rb/Kg .
COR NIHAT = 95 rb/Kg .

UNTUK TYPE BARANG YANG SULIT DAN DI BAWAH 3 KG DI HITUNG SATUAN .
ini di karenakan proses pengecorannya lebih lama dan memakan cost yang melebihi cost normal .

CONTACT  PERSON :

INFORMASI CONTACT PERSON  :

1. Heri Ristamaji

– HP : 081646840403 (m3)
– HP : 082136286419

2. Mas Paino

– HP : 082136286419

Untuk orang Bandung harap langsung datang ke lokasi bengkel kami atau bisa bertemu di rumah bpk heri ristamaji di kopo sayati . silahkan sms dulu atau kirimkan email .

email kami : polisiseluler@gmail.com

foto-foto pengecoran logam  :

=Pengecoran Logam

Klik gambar untuk memperbesar :

Cetak Logam

Cetak Logam dengan cor logam hampir sama tapi beda . Cetak logam lebih bersifat umum dan cor logam berada dalam wilayah cetak logam .
Akan saya jelaskan pada bagian terbawah pada halaman ini tentang proses pembuatan  cetak logam dan cara membuat pin atau atribut dari bahan logam .

Foto-foto dibawah ini adalah hasil dari produksi kami :

Cetak  / Pembuatan Accesories untuk penggemar / komunitas motor dan mobil dll :
Klik gambar untuk memperbesar :

                             CB BC FK

Cetak / Pembuatan Medali , kalung wisuda , dll
Klik gambar untuk memperbesar

    MEDALI FK     KALUNG WISUDA EMAS FK    KALUNG WISUDA EMAS 2FK  

Cetak Plakat Nama , Pin Loggo ,dll
Klik gambar untuk memperbesar

          

           plakat  ruang guru FK   

Cetak Penggaris / Meteran Logam , Pelat Ukur Kalibrasi , dll
Klik gambar untuk memperbesar

      

Pembuatan Piala , Patung , Plakat Piagam ,dll
Klik gambar untuk memperbesar

    patung wisuda FK    PIAGAM FK     PIAGAM ATRIBUT FK   

 

CETAKAN DAN FILM

Harga karet silicone saat ini berkisar Rp.275.000,- per kilogramnya . Untuk barang atau atribut dengan ukuran dimensi standard ( 60 x 50 x 5 ) membutuhkan karet silicon kurang lebih sebanyak  1 kg – 1.5 kg .

           

SAMSUNG DIGITAL CAMERA

CARA MEMBUAT  PIN  DENGAN SISTIM ETSA

Untuk membuat plakat atau papan nama , atribut atau pin atau logo , pelat tabel , mistar / penggaris logam dan sejenisnya maka dilakukan dengan cara etsa atau etcing .
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Mendesain
Desain digambar dengan menggunakan software corel draw dengan perbandingan 1 : 1 .
2. Membuat Klise
Klise terbuat dari bahan plastik klise . Hasil coreldraw kemudian di cetak kepermukaan klise .
3. Pelapisan Peka Cahaya .
Bahan logam yang akan di etsa dilapisi dengan cairan kental peka cahaya yang disebut Diazol bisa juga memakai Gelatin  , juga Amonium dikromat  dengan menggunakan kuas sampai rata , proses ini dilakukan dalam ruangan yang cahayanya tidak terlalu banyak , ini dimaksudkan agar proses pengikisan bahan logam tidak terjadi pada saat belum siap.
4. Afdruk / Penyinaran
Afdruk dilakukan dibawah sinar matahari yang kuat setelah pelapisan kering.Letakkan film diatas permukaan logam yang sudah dilapisi cairan peka cahaya, kemudian letakkan kaca setebal 5mm diatas film . Jepit Film dan Pelat Logam dengan apa saja agar keduanya tetap saling menyentuh dengan rapat dengan posisi film tepat berada dalam sorot sinar matahari . Lama penyinaran 5 menit saja .
5. Bersihkan dengan air bersih didalam ruangan agak gelap , setelah dinilai sudah bagus maka lanjutkan dengan memasukkan pelat logam kedalam larutan methylviolet ( violet ) 10 gram dicampur air bersih 500cc . itu untuk pelapisan , kemudian setelah itu lapisi dengan penguat lapisan dengan memasukkan pelat logam tadi ke larutan Kalium Bicromat     100 gram , Chroomaluin   50 gram  dan Air bersih  1/2 liter .
6. Setelah selesai maka keringkan di atas oven atau kompor , api jangan menyentuh langsung dan kecil saja supaya tidak sampai melengkung .

7. Tahap Pengetsaan .
Larutan Ferichlorit 1 liter ditambah air 10 liter di campur didalam wadah seperti ember kotakyang terbuat dari plastik  , fiber atau atum . Masukkan pelat logam dan goyang-goyang terus sampai 30 menit . Jika ingin cepat maka tambah ferichloritnya , namun jika hal ini dilakukan hasil etsa kurang maksimal dalam hal kehalusannya .

8. Proses Etsa selesai , bersihkan dengan Thinner atau bensin dengan menggunakan Amplas halus duco nomor 2000 , lipat amplas dengan dimensi selebar pelat logam yang akan digosok , gosoklah ke satu arah jangan bolak-balik .

9. Setelah proses etsa selesai maka naik ke tahap pewarnaan dengan mengolesinya menggunakan cat yang bagus , biasanya auto 2000 . Pengecatan dengan menggunakan kuas lukis secara hati-hati . Setelah selesai dan kering kemudian poles dengan kain halus yang sudah dilumuri sedikit thinner , jangan sampai tertekan keras ke bagian yang di warna .
10. Bungkussssss…!!!!

===============================

Produk lainnya :
2014-12-20 10.49.07-1
=kode WS 001
gr 45gr 45 120 -127

8 thoughts on “Menerima Pengecoran Logam dan Cetak Logam

  1. gan, misal sya cor logam aluminium 20kg dgn hrga 55rb, plus pembuatan cetakan (desain dri sya) 150rb, tanya utk hrga aluminiummya 20kg brapa ya,,,
    Thks

    • Jika banyak Rp.55 rb / kg
      Jika sedikit Rp. 70 rb/kg
      Untuk yang kecil-kecil dihitung per pcs .
      harga pembuatan cetakan tergantung tingkat kesulitan barang cor – coran tersebut.
      beberapa barang bisa berhasil di cor 1000 pcs perhari ,
      beberapa barang cuma bisa di cor 5 pcs perhari .
      tentu berbeda harga per pcs nya kan ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s