jenis-jenis sablon dan bordir

Salam hangat buat pembaca, saya ingin berbagi pengetahuan dengan  pembaca mengenai jenis-jenis sablon dan bordir  ,langsung saja saya sebutkan jenisnya dan kemudian penjelasannya . A.SABLON Jenis-jenis sablon itu antara lain : 1. Rubber 2. Pigmen 3. Superwhite 4. Plastisol 5. Glow in dark/stabilo 6. Reflektive 7. Discharge 8. Flocking 9. Foam/cat timbul 10. Separasi 11. Glitter 12. M Foil 13. Hight Density 14. Aspal 15. GL (bening,biasa) marilah kita bahas satu demi satu , 1. Rubber Sablonan yang sering dikenal dengan sablonan karet, sifatnya menutup serat kain timbul. Termasuk kategory sablon Plastisol, bedanya Plastisol harus ada angin panas /hairdryer ,kalau rubber pakai setrika(biasanya setrika uap). Dari sisi bahan hampir sama tapi bau catnya sangat menyengat diwaktu basah

sablon rubber pada sweater

2. Pigmen Seperti halnya  Tinta yang meresap ke serat kain akan tetapi sablon ini  hanya bisa dipergunakan pada kain berwarna terang / putih,kalau untuk warna gelap akan luntur karena tidak tidak maksomal menempelnya.Kalau diibaratkan itu seperti kapur yang mudah luntur jika dipakai mengecat tembok. Campurannya pakai air sedikit & kimia penguat cat.

sablon pigmen

3. Superwhite Sejenis pigment jg campuran dengan air, menyerap langsung ke bahan catnya. Biasanya dipakai untuk design2 yang vintage. Kalau sekali naik warnanya agak buram. SW ini menyebabkan patone warna sablonan menjadi turun jadi agak meredup. Kelebihan: dapat di gunakan pada bahan yang berwarna gelap.

sablon superwhite
sablon superwhite banyak digunakan pada mug

4. Plastisol cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yg banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.

sablon plastisol
sablon plastisol

5. Glow in the dark cat yg menyala saat kaos berada ditempat gelap. Bisa rubber, pigmen maupun plastisol. Contoh hasil sablon GID :

sablon Glow In the Dark

6. Reflektif cat yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya. Dari 3M.

SABLON REFLEKTIVE

7. Discharge Discharge sablon merupakan salah satu solusi berbasis air untuk cetak cahaya pada pakaian gelap atau tekstiL cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan

SABLON DISCHARGE

8. Flocking Flock adalah teknik cetak dimana desain yang dipotong dari foil berwarna dan kemudian ditekan ke bawah kemeja panas tinggi. cat dengan bentuk jadi seperti beludru

sablon floc

9. Foam atau cat timbul Ada rubber, ada juga plastisol, tapi bentuk timbul keduanya berbeda.

CONTOH KAIN DENGAN SABLON FOAM

10. Separasi Separasi itu proses pemisahan warna disain untuk dijadiin film. Nah jenisnya ada 2 kalo ga salah. Ada yg spot color ato warna blok biasanya ini untuk disain berbentuk vektor, ada yg raster namanya process color. Disebut process color soalnya kalo pake cat plastisol warna2 yg udah dipisahin itu udah ada (udah diproses duluan, maksudnya udah ada yg jual jadinya kita ga perlu nyampur lagi), tapi bisa juga dipake buat cat rubber, tapi ga begitu bagus karena cat palstisol keunikannya adalah bisa ditumpuk pada saat masih basah jadi warnanya bisa nyampur. Separasi itu proses pisah warna sablonnya bisa pake cat apa aja, jadi bukan jenis sablon.

sablon separasi

12. Glitter Glitter adalah produk dicetak unik yang memungkinkan Anda untuk mencetak transfer penuh warna glitter, untuk aplikasi dengan menekan panas pada kemeja, celana jeans dan banyak lagi. Sablonan yang memakai tinta berupa campuran serbuk, ada yg halus ada yg kasar, makin kasar makin renggang pula jenis screen yg digunakan.

sablon gliter
sablon Glitter Powder
bahan serbuk sablon gliter

13. M. Foil Sablonan dengan menggunakan bahan kertas logam, hmm kaya foil (poly) yg ada di undangan2 gitulah. Contoh hasil sablon Foil

sablon foil

14. High Density adalah proses mencetak tinta khusus diformulasikan melalui stensil yang sangat tebal untuk mendapatkan cetakan, mengangkat mulus mengkilap dengan tepi yang sangat tajam. Tidak seperti tinta Puff, yang memiliki penampilan yang datar, bulat dan agak kusam, High Density mencetak hasil dalam terang, warna yang berbeda mengkilap. Hasilnya adalah efek appliqu serupa “welding/las” atau timbul gelombang radio. Pencetakan High Density dilakukan dengan menggunakan prosedur standar pada dasarnya tekstil sablon dan peralatan, dengan beberapa variasi. Sablonan timbul dari jenis plastisol. Kalo dirubber disebutnya Foam (timbul busa) Kalo high density timbulnya bener2 kotak presisi sedang foam timbulnya melengkung Sablon High Frequency tuch apa? Ha, apa pla ini bah? gw belon tau, tapi kalo dari namanya mungkin sablon dengan cat plastisol yg memakai raster2 kecil, makanya disebut high frequency abis rasternya rapat banget (plastisol bisa 55 sampe 60 pdi (dot per inch)). 15. Aspal Salah satu jenis plastisol. Bentuk jadinya ya kaya aspal, rada2 kasar dan agak mengkilat

sablon-plastisol-aspal
sablon aspal dari plastisol

 

DESAIN MESIN SABLON MASA DEPAN

Kami sedang membuat mesin sablon berukuran kurang lebih 10 meter  dengan ukuran dimensi rumah screen 2.3 meter x  1,5 meter . Satu mesin sablon berisi 12 rumah screen . Seteleh proses fill & stroke liquid pada kain dalam rumah screen itu bergerak memutar kebawah , di bawah kemudian menjalani proses pengeringan dengan infrared , kemudian screen kembali ke posisi semuala bersamaan dengan maju memutar  melingkar dengan penggerak tenaga motor listrik , dan proses fill & stroke warna ke 2 berjalan , sedangkan rumah screen dibelakangnya sedang dalam proses yang pertama , demikian seterusnya hingga  kemudian kembali ke tempat semula . Kami sangat bergantung kepada Rahmat ALLAH , jika memang Allah mengijinkan kami sukses membuat mesin ini maka insaAllah kami bisa membuat sablon plastisol hanya 1 menit perwarna sudah dengan pengeringannya menggunakan infrared .
Mesin ini di desain oleh seorang insinyur dan dosen di ITB dan ITENAS Bandung , kami hanya membantu dalam hal pembuatan fisiknya dan tentu saja dengan sedikit pemasukan saran kepada beliau , karena yang namanya desain tentu saja ada penyesuaian ketika turun ke praktek .
Yang pasti kami meminta dukungan doa dari semua orang , proses pembuatan mesin dimulai tanggal 15 mei 2015 , tempat pembuatannya di workshop yang belum bisa kami sebutkan  . Kami tidak bisa memberitahu seperti apa detailnya karena mesin belum jadi  , namun sebagai pengobat rasa penasaran maka saya ulpoad bagian main frame-nya ( rumah screen ) :

Mesin Sablon_sub_MAIN FRAME

Bagi yang penasaran silahkan kunjungi halaman ini dan silahkan sharing dengan orangnya .

Ayo Majukan Indonesia…!!!!


B.  BORDIR

Bordir atau sulam yaitu proses pembuatan gambar,huruf atau ilustrasi yang lainnya kepermukaan kain,kulit,kulit imitasi,karet,kertas dsb dengan bahan bahan benang dengan menggunakan mesin bordir.Harga untuk pengerjaan bordir manual lebih mahal dari bordir komputer ,tetapi untuk jumlah sedikit akan jauh lebih murah. Jika membuat Tulisan nama yang biasanya ditempel diatas saku-dada sebelah kanan pada kemeja/jaket seragam kerja ,harganya sekitar Rp.3.000,- Mesin bordir ada 2 macam yaitu yang otomatis (bordir komputer) dan yang manual. a. BORDIR MANUAL Proses BORDIR MANUAL persiapannya sangat sederhana, yaitu kita print(lukis) gambar yang akan dibordir pada kertas karkir sesuai yang kita inginkan  dengan memakai pensil 2B .Kemudian kertas karkir itu ditempelkan ke media(kain dll) yang akan dibordir. Setelah itu proses bordir di laksanakan,bagus atau tidaknya hasil bordir tergantung pada keadaan orangnya juga kondisi mesin. .Biasanya bordir manual diakukan karene Jumlah order sedikit (dibawah 1 lusin) dan juga bordir nama.

mesin bordir manual
contoh hasil bordir manual

b.BORDIR KOMPUTER Pada BORDIR KOMPUTER tahapan pengerjaannya pertama-tama yaitu pembuatan program gambar ( kebanyakan memakai program Wilcom Tajima dengan versi yang berbeda-beda) biasanya disebut dengan film pancing,kemudian film pancing disimpan dalam file kecil dengan nama tertentu dengan format tertentu tergantung mesin . Serelah film pancing selesai maka kemudian film tersebut dimasukkan kedalam head mesin bordir  komputer ,dan operator mesin akan menyesuaikan dan mengatur margin ,warna benang dan letak bahan yang akan dibordir.Proses bordir kemudian dilakukan. Hasil kerja bordir komputer pastilah lebih rapi dan sama antara satu dan yang laiinya.Meskipun demikian hasil akan tergantung juga pada operator  mesin dan si pembuat film pancing  dalam hal pengaturan rajutan, kepadatan tusukan (jumping,tatami,satin dll) Hitungan dari pembuatan film itu dihitung per stick(per satu tusukan rajut ) ,harga per stick biasanya bervariasi  antara Rp.5,- s/d Rp.10,-  dikalikan jumlah stick. Biasanya ukuran logo untuk dada kiri bisa sampai 14.000 stick x Rp.5,- hingga Rp. 10,- = Rp.70.000,-  hingga Rp.140.000,- (untuk film saja ). Sedangkan harga bordirannya sendiri berkisar 0.5 – 0,7 (tergantung quantity yang dibordir). Segbagai contoh misalkan kita order kaos sebanyak 5 kodi (100 pcs)  dan didalam kaos tsb ada bordiran logo  ukuran sedang ,maka perhitungan ongkosnya sekitar : stick (Rp.15.000,- x 0.5) =Rp.7.500,- . Jadi untuk bordirannya dihargakan Rp.7.500,-  ditambah biaya  film pancing (Rp.70.000 –Rp.140.000,-).Akan tetapi jika filmnya sudah ada maka tidak dikenakan biaya film. Untuk bordir kain biasanya menggunakan kain keras ,kadang di dobel agar tidak kerut, disini peran operato sangatlah menentukkan. Operator yang handal tidak akan memberi kain keras dua tumpukan (dobel) jika memang tidak perlu.Kejelian operator dalam hal kepahaman terhadap bahan kain dan ukuran serta kerapatan bordir (berpengauh dalam kerutan) adalah nilai plus untuk operatot itu sendiri ,dan hal ini adalah satu keuntungan buat pengusaha karena dapat mengirit bahan kain keras Mesin bordir komputer ada yang satu kepala bordir, 6 kepala,12 kepala dan 20 kepala,maksud kepala disini adalah  tempat bordir, misalkan  mesin bordir 12 kepala maka sekali operasi akan dapat mengerjakan 12 bordiran sekaligus.

mesin bordir komputer
periksa hasil bordir
bagian program
ini yang dinamakan kepala mesin bordir
persediaan benang ditempatkan dalam lemari benang
proses pemasangan kain pada raket bordir
mencabut hasil bordir dari meja mesin
beginilah bordir jika barang yang di bordir sudah jadi
contoh hasil bordir komputer,Bandingkan dengan bordir manual yang fotonya dimuat sebelumnya

 
Halaman Lainnya :

Sepatu Caterpillar harga murah Rp. 185 rb ? beli ke kami
Menekuk pipa itu mudah banget !! ini ilmunya
Pengecoran logam , alumunium , stainles , besi , kuningan ,dll
DISINI BIKIN MESIN dan SPAREPART / ONDERDIL , dll
Bikin Moulding dan pesan sparepart karet – selang
Lihat dulu foto hasil produksi workshop kami
Mau bikin spare part dari logam cor ? Bisa
Produksi keramik untuk sparepart dan fashion
Cara mengitung Harga Pesanan Roda Gigi
Pendingin suhu/heatsink produksi kami
Pesan disini untuk Baju dan Jaket Seragam kerja


2014-12-20 10.49.07-1

gr 45gr 45  120 -127

7 thoughts on “jenis-jenis sablon dan bordir

    • itu bordir aplikasi , bisa memakai bordir manual atau bordir komputer , caranya yaitu misalkan kita mau membuat bentuk huruf atau angka kemudian kita bikin gambar/pola huruf/angka tersebut di bahan handuk atau woll , kemudian ditempelkan ke kain yang akan di bordir , kemudian dibordir pada sisi-sisi permukaan handuk/woll yang sudah dipola dengan menggunakan spidol sehingga pola spidol itu tertimpa bordiran ,kemudian di gunting pada sisi-sisi yang tidak di perlukan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s