membuat frame/sasis motor,atv,dll

Cara membuat sasis/frame sebenarnya tidak terlalu sulit , bisa dipelajari di sini ,tapi jika menginginkan hasil yang maksimal seperti pabrikan maka hal itu akan menjadi sangat sulit bagi yang belum terbiasa.

Yang harus diperhatikan dalam membuat sasis adalah :
1. Urutan Langkah                  5. Pengelasan                      9. Ketepatan
2. Ukuran                                   6. Kerapihan
3. Simetris                                 7. Finishing
4. Bahan/material                   8. Berat sasis

Adaptor / Spacer Velg kami bisa paling murah , cepat dan berkualitas
Kami membuat Sparepart karet apa saja termasuk karet selang

Untuk mencapai tahap demi tahap pencapaian pembuatan sasis yang bagus maka kita harus teliti dan sabar,karena sasis adalah sesuatu yang sangat vital karena berhubungan dengan keselamatan pengendara.
Saya menganggap bahwa pembaca adalah seorang yang ahli dalam pembuatan sasis atau paling tidak  pernah melihat beberapa kali proses pembuatan sasis.
Untuk mencapai kesempurnaan pembuatan sasis maka kita harus membuat alat bantu pembuat sasis , biasanya disebut dengan nama : JIG .

Klik saja : JIG – MOTORCYCLE & ATV FRAME WORKING

Copy of JIG 90%

Kita bisa membuat JIG sendiri dengan browsing di internet atau dari buku. Secara umum bentuk JIG adalah seperti ini :

jig standard untuk sasis motor
jig ini bukan mutlak harus seperti gambar,tapi JIG bentuk ini termasuk cukup stabil untuk sasis motor classic

Pengelasan sebaiknya menggunakan las dingin/las argon sebab bersifat dingin sehingga lebih bisa menjaga bentuk,sudut serta keutuhan sifat material.
Langkah pertama membuat sasis/frame motor adalah membuat neck/lehernya dulu.Alasannya karena leher itu pusat kendali dan sudut kemiringan.
Tentukanlah sudut neck dengan menggunakan busur atau perbandingan (X,Y).Mungkin JIG nya perlu tambahan pemegang neck , modelnya seperti dibawah ini :

jig dengan pemegang neck(bospom)
jig dengan pemegang neck(bospom)

Sudut neck sangat mempengaruhi kestabilan,kekuatan,kenyamanan serta nilai estetika(keindahan) motor.Awas..!! hati-hati dalam pembubutan rumah bearing/dreg laher neck,haruslah tidak boleh longgar,tapi harus ngepas, ukurannya adalah minus 0.02 mm.Prakteknya  adalah bearing masuk dengan dipukul pakai bantalan kayu/nylon/fiber dengan palu.Jika dipukul terlalu mudah masuk maka itu tergolong kurang bagus ,pengaruhnya  bearing akan mudah longgar dan bergeser alias koplak.
Tetapi awas …!! Harap hati-hati dalam pemasangan Neck , terutama di tahap pengelasan , karena hal itu  membutuhkan kepresisian yang sangat tinggi ,jika sedikit saja sudutnya bergeser,maka sasis itu disebut gagal presisi…
Nah , biasanya sesudah disatukan dengan menggunakan Las maka akan terjadi penarikan kearah titik las yang terbaru dan terbanyak akumulasi spot lasnya …
dan sedihnya, lebih dari 80%  sasis non original  yang beredar dipasaran adalah tidak presisi (singkang) .
Adapun cara untuk mengetahui kepresisian sekaligus memasang Neck dengan benar  adalah seperti  gambar berikut :

jika anda akan memasang neck maka harus extra hati-hati
salah sedikit dalam pemasangan neck maka resikonya fatal, karena servisnya harus di bongkar las-nya,jika cuma di pres maka akan kembali lagi kesemula

Sasis dipasang pada JIG (tetapi JIG nya memang harus presisi ,yaitu JIG harus bisa menempatkan sasis itu benar-benar 90 derajat (vertikal) serta  harus ada garis tengah di dasar JIG yang benar-benar  senter.

KLIK2               

Cara Membuat / meng oprek bagian (part) dari Frame ( sasis )

Untuk membuat atau meng oprek bagian dari frame sebenarnya sama saja dengan membuat sasis itu sendiri , cuma memang tidak sesulit membuat sasis secara keseluruhan .
Beberapa waktu yang lalu ada beberapa teman yang bertanya tentang hal itu , maka saya jelaskan di sini .

Bahwa yang paling penting harus diperhatikan  dalam membuat atau mengcustom bagian dari sasis adalah > Titik -titik koordinatnya  , maksudnya akan terlihat dalam gambar di bawah ini  , dalam gambar di bawah terdapat Swing Arm motor  (warna hitam ) , dan beberapa garis pendek dan tebal berwarna-warni yang menggambarkan Penahan / pemegang bagian dari Arm .

Graphic1
JIG ARM

keterangan :

– Garis warna kuning adalah dupikat dari As/Shaft  poros swing arm , As ini di buat dengan cara di bubut atau bisa juga dengan cara di sambung-sambung ( tergantung keadaan/kelengkapan peralatan si pengoprex ) .
Cara menyambung-nyambungnya adalah dengan cara : besi as panjangnya sepanjang pipa poros arm di lebihin panjangnya sekitar 12 cm. Sisi kiri dari as  dikasih ring yang tebalnya kira-kira 3 mm atau lebih dengan diameter lebih besar dari pipa swing arm.
kemudian masukkan ke as  dan  kemudian dilas satu titik dulu , kemudian diluruskan dengan cara di pukul pakai palu atau alat pukul lainnya  , setelah terlihat lurus benar kemudian di perkuat las-nya , yang di las adalah bagian luarnya saja.
Disebelahnya ring kemudian dikasih pipa yang diameternya  bisa masuk kedalam pipa Arm , lebar pipanya cukup 5 mm saja  , di ujung yang satunya lagi juga di kasih pipa yang sama
ujung as  yang sebelahnya lagi di beri drat/baud  untuk mengunci pipa Swing Arm.
Jika bingung mencerna uraian tadi ( karena saya juga bingung memilih kata-katanya maka saya perlihatkan gambarnya di bawah ini ,

duplikat as swing arm
As poros JIG ARM

– Garis-garis yang lainnya dalam gambar JIG ARM diatas adalah garis pembatas agar posisi-posisi penting tidak geser atau berubah koordinat sehingga fungsinya tidak benar . Teman-teman bisa menambahkan lagi bila diperlukan .
Garis-garis tersebut dalam wujud nyatanya terbuat dari besi atau bisa juga dari  logam keras lainnya seperti alumunium ,tembaga , stainless pokoknya yang ada saja disitu .

Garis-garis itu tertanam atau berpegang kepada pelat logam ( siku , holow tebal , pelat tebal ataupun betonan dari semen )

KLIK2 

Pemotongan PIPA ( pipe cutting )

Dalam memotong pipa frame agar tercapai tingkat kepresisian , hasil las yang rapi dan kekuatan dari hasil las yang maksimal maka ada cara terbaik untuk mewujudkannya , ” klik ” The best way to cut the frame pipe

no gurindaa

PENGELASAN

Dalam hal keselamatan pengemudi , Frame / Sasis merupakan komponen paling utama dalam kendaraan , jika motor sedang melaju kencang dan  melewati jalan berlubang kemudian sasis patah di bagian sambungan maka itu celaka , mungkin pengemudi bisa masuk rumah sakit , maka dari itu bagian sambungan sasis ( penge-las-an  harus kuat  dan aman .  )
Pengelasannya bisa menggunakan las listrik , argon , karbit ( kawat tembaga ) ataupun dengan CO ( kawat tembaga ) .

Tapi menurut pengalaman saya Las terbaik untuk sasis / frame adalah Las Argon . Karena Las Argon bersifat dingin dan unsur Argon dapat menyatukan secara maksimal antara 2 logam yang sensitif terhadap magnet .
Penggunaan Las Karbit /acetylene/asitilin dengan menggunakan kuningan menghasilkan kekuatan dan kelenturan yang sangat baik , tapi jika akan di finishing dengan menggunakan powder coating atau menggunakan elektroplating maka permukaan las kuningan / tembaga tersebut tidak akan terlapisi , sedangkan untuk finishing menggunakan cat semprot maka cara pengelasan dengan las karbit
/ kuningan / asitilin adalah sangat baik .
Untuk pengelasan menggunakan las listrik maka jangan menggunakan kawat las las yang RD , RB atau kawat las yang biasa digunakan oleh tukang tralis karena kawat tersebut sangat regas ( kelenturan sangat kurang ) , gunakan kawat las jenis LB .

Untuk Pengelasan yang perlu di perhatikan adalah setelah di Las maka jangan di beri air agar dingin , tapi biarkan saja dingin dengan sendirinya  , hal ini untuk mencegah ‘ regas ‘  .
Hati-hati dengan efek tarik pengelasan , yaitu setelah di Las maka bentuk yang tadinya begini akan jadi begitu  , yaitu akan ketarik kearah pengaruh las yang paling kuat  sehingga sudutnya berubah sekitar 1 – 5 % , maka untuk menanggulanginya harus sedikit-demi sedikit dalam mengelas  dan menggunakan penahan agar terjaga hasil sudutnya .

Menekuk/rol pipa

Ada beberapa cara untuk menekuk pipa , ada yang memakai pasir ,ada yang memakai ragum , ada yang di press dan adapula yang memakai roll , saya sarankan untuk memakai roll dgn desain seperti gambar di bawah agar hasil maksimal .

silahkan baca selengkapnya tentang cara menekuk / roll pipa dengan mantap , klik saja tautan berikut : =DESAIN GAMBAR MESIN TEKUK / ROLL PIPA LOGAM

FINISHING

Setelah proses pembuatan sasis selesai maka hal terakhir yang di lakukan adalah finishing , yaitu mempoles sasis dengan amplas halus dan kemudian menggunakan rol polesan yang terbuat dari kain .
Jika sasis sudah siap maka jika memungkinkan maka lakukanlah proses Anealing , yaitu memanaskan pada suhu tinggi kemudian diamkam agar dingin kembali , proses ini bertujuan untuk membuat material sasis dan sambungannya  menjadi kuat dan lebih tahan terhadap karat dan kimia .
Setelah itu  kemudian dilakukan pelapisan atau pengecatan , jika anda memilih pengecatan maka anda bisa mendempul bagian-bagian yang kurang bagus terutama di sambungan .
Jika anda memilih Powder coating atau Anodize maka tidak boleh ada proses dempul , karena
Powder coating dan Anodize adalah proses electroplating  , pada proses tersebut bagian yang tertutup dempul atau material non konduktor tidak bisa terlapis oleh powder coating atau anodize .
Keunggulan Powde coating dan anodize dibanding cat adalah :
-Awet hingga puluhan tahun bahkan bisa 1 abad .
-Tahan gores ( kecuali di gores memakai benda keras seperti baja dan kaca )

Harga Powder coating untuk satu sasis motor bebek adalah 250 rb ( harga tahun 2014 )
dan untuk motor sport adalah 300 rb hingga 350 rb .

Sedangkan anda memilih anodize maka harganya hampir 2 kali lipat

MEMBUAT DESAIN FRAME/SASIS

Untuk mendapatkan kepresisian , kerapihan , kecepatan dan persetujuan konsumen maka buatlah desain dengan menggunakan aplikasi  3 dimensi , saya menggunakan sketchup walaupun dibandingkan dengan yang lain program ini terbilang program tersulit dan kuno , tapi saya pilih karena program ini file nya paling ringan sehingga tidak membebani komputer karena sketcup ini cuma 75 MB .
Sketcup bisa dioperasikan dengan mulus hanya dengan PC Ram 1 GB , bandingkan dengan Solidworks-1,4 GB atau Autocad yang membutuhkan 4 GB . Memang secara kualitas gambar ada di bawah mereka tapi lebih mudah untuk dikirim via email dan itu saya suka .
Di bawah ini adalah hasil tahapan awal menggambar frame/sasis ATV yang saya capture ke file jpg.    :

tahap awal 2ZZZZZZZZZZZZZZZZ biru samping BERKOTAK

28 mei 2015

Segera kami posting desain frame / sasis beberapa jenis motor dan ATV .

baca selengkapnya di halaman ini :
Update pembuatan desain frame ATV

Blog masih dalam perbaikan .

Kami menerima pesanan pembuatan sasis / frame ATV , Motor , Mobil Gowes , kami juga menyediakan jasa pembuatan desain frame , mesin dan sparepart 3 dimensi dan juga 2 dimensi / gambar tekhnik .
Mesin yang saya desain meliputi mesin produksi ( mesin krupuk  , Mesin batako ( desain dan juga melayani pembuatan mesinnya ) , Mesin pembuatan Kulit Lumpia tebal , Mesin Seler plastik dan kemasan otomatis , Mesin Fin pemanas , Mesin Sablon Semi otomatis , Robot iklan ( seperti robot Haji Geol ,  dll .
Harga desain adalah 5%  hingga  20 % dari harga barang , di bayar DP 50 % .
Untuk desain sederhana cukup dibayar dengan pulsa, he he he…

Desain mobil gowes :

g 1 g9g10g11

gowes (5)

Halaman lain :

– Belanja terpercaya dan sangat murah , konsumen dari seluruh Indonesia , Pin BB : 2A66BC0
No. HP :  XL  – 0818 0641 2316  // MENTARI – 0815 8586 3415 .

 ini harganya cuma 60 ribu ” klik gambar ” 

Sembuhkan sendiri ratusan penyakit
Harga pembuatan Spacer dan Adaptor Velg mobil
Sepatu Caterpillar harga murah Rp. 185 rb ? beli ke kami
Menekuk pipa itu mudah banget !! ini ilmunya

KATALOG SEPATU CASUAL PRIA DAN WANITA – GRUTTY TAHUN 2015 diskon 30 %

gr 45gr 45  120 -127

SEWA PROYEKTOR / INFOKUS CUMA 150 RIBU / HARI

660649_orig

Pengecoran logam , alumunium , stainles , besi , kuningan ,dll
DISINI BIKIN MESIN dan SPAREPART / ONDERDIL , dll

tekhnik
Bikin Moulding dan pesan sparepart karet – selang
Lihat dulu foto hasil produksi workshop kami
Mau bikin spare part dari logam cor ? Bisa
Produksi keramik untuk sparepart dan fashion
Cara mengitung Harga Pesanan Roda Gigi
Pendingin suhu/heatsink produksi kami
Pesan disini untuk Baju dan Jaket Seragam kerja


2014-12-20 10.49.07-1
17Projectquad517_photo17_620px

11 thoughts on “membuat frame/sasis motor,atv,dll

  1. saya mau buat frame motor ….mohon info bengkel spesialis pembuat frame motor yg bs dijadikanrujukan dijakarta dan sekitarnya,apalagi yg sngat mengutamakan presisi…..thx bro

    • sebenarnya saya sendiri juga membuat frame motor ,tapi sekarang saya sedang rehat karena sedang ada pekerjaan yang lain… di bandung ada beberapa bengkel untuk membuat frame motor ,jika anda ingin tahu tempatnya silahkan saja sms ke saya 082136286419.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s