HEATSINK ( HEAT SINK ) & HEATER

extrusion-fin__heat sinkPengertian

Heatsink adalah logam ( alumuniun atau tembaga atau bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor ataupun juga komponen dalam peralatan elektronika atau listrik .

Ada beberapa cara pembuatan Heatsink :

1 . Extrusion

Proses ini menghasilkan Heatsink dengan bentuk paling sempurna akan tetapi jika di tinjau dari segi  fungsi maka bentuk ini bukan yang paling sempurna .

Proses pembuatan heatsink jenis ini juga merupakan Proses yang tercepat , proses pembuatan heatsink jenis ini  adalah dengan cara di inject ( suntuk ) dengan menggunakan mesin extrusi .

Proses pembuatan  ini termasuk kategori  mahal , yang mahal  dalam proses ini adalah cetakan/mouldingnya dan mesin extrusi itu sendiri .

2 . COR

Proses ini adalah proses yang termurah dan tercepat dan termurah , akan tetapi secara fungsi dan penampilan  maka proses ini adalah yang paling rendah daya kerjanya dan  yang paling jelek tampilannya

Paling murah dan paling cepat pembuatannya, karena bisa dibuat dengan menggunakan cetakan dari pasir .

Paling jelek penampilannya , karena cetakan dari pasir menghasilkan barang jadi yang permukaannya bintik-bintik seperti pasir  dan juga kadang ada lobang karena tekor dalam prosees cor

3. Machining

Jenis ini adalah yang terbaik secara fungsi , akan tetapi harganya bisa lebih mahal &  bervariasi tergantung pada pembuatnya . Ada yang lebih mahal dari proses Extrusion tapi ada pula yang lebih murah dibandingkan proses extrusion .

Kami bisa membuat heatsink dengan ketiga cara diatas  , hanya saja untuk proses extrusion kami masih bekerja sama dengan rekan kami dalam hal pengadaan mesin estrusi yang harganya diatas 1 M .

Cara Kerja Heatsink

Mengapa Heatsink di desain dengan bentuk yang rata-rata seperti sayap dan mengapa heatsink terbuat dadi bahan Alumunium ?
ini adalah alasannya :

1. Bentuknya yang  seperti sayap ( ruang kosong – ruang padat dan seterusnya  ) merupakan sistim desain yang hingga saat ini di anggap paling sempurna dalam meredam panas , karena panas yang mengalir ke bagian padat akan teredam oleh udara disekitarnya , hal ini tidak terjadi jika ruang padat itu tidak mempunyai sekat-sekat udara dimana panas yang mengaliri bagian padat tersebut akan berkumpul kembali dengan panas yang baru datang  dan hanya sebagian kecil saja yang keluar ke udara.

2. Bentuknya yang seperti sayap itu lebih banyak menampung suhu rendah dari udara di sekitarnya hal ini dikarenakan kekuatan panas dalam bagian padat tersebut sudah terpecah konsentrasinya dalam bagian-bagian kecil .

3. Bentuknya yang seperti sayap itu mempunyai kestabilan dalam menyerap udara  , hal ini di karenakan bahwa udara akan memasuki ruang yang bertemperatur lebih tinggi kemudian dari temperatur yang lebih tinggi maka udara tersebut naik suhunya dan ketika naik suhunya maka udara tersebut akan bersatu dengan udara dingin yang baru masuk , dan hal itu terjadi pada desain bentuk sayap .

4. Material alumunium adalah material yang mudah panas dan mudah dingin. dalam hal menyerap panas walaupun masih kalah dibandingkan dengan logam tembaga tapi alumunium lebih banyak dipilih karena beratnya yang ringan dan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tembaga.

5. Material alumuniun bersifat tahan karat ( korosi ) .

6. Material alumunium dengan BD ( Berat Djenis ) 0.00265 gram/mm3 mempunyai berat djenis sepertiga lebih ringan  di bandingkan logam besi  0.0078 atau tembaga 0.008

7. Material Alumunium mempunyai titik lebur yang rendah ( 660,4 °C ) sehingga mudah di bentuk dengan sistim cor  , tetapi titik didih Alumunium lebih tinggi dibanding suhu yang akan melewatinya dalam fungsinya sebagai heatsink.

8. Material Alumunium bisa dipadukan dengan material yang lain untuk memperoleh ketahanan suhu tertentu dan juga untuk memperoleh kekerasan tertentu.

Kami menerima pembuatan Heatsink dengan jumlah pesanan sedikit atau banyak  , silahkan konsultasikan dengan kami di 0821 3628 6419 ( heri ristamaji ) atau   0813 2220 5028 ( bpk. Muladi ) , email : polisiseluler@gmail.com .

Untuk Heatsink dengan proses pembuatan Machining kami yakin bahwa produk kami adalah yang termuran di Indonesia dengan mutu yang insaALLOH sangat bagus .

Pembuatan dengan cara Machining dengan bahan Alumunium Pejal ataupun alumunium casting / cor dan kemudian di machining dengan menggunakan mesin Milling atau bisa memakai mesin Skrap dengan produksi perhari 50 pcs / operator .

Alamat workshop :

ecotech loggo

1. jl. terusan cibiru hilir kp. babakan sayang rt 4/ 14 cibiru bandung timur
2.jl. sindang sari 3 rt 3/3 antapani . bandung.

office :

CV.ECOTECH
jl.ters jalan jakarta no 49 C
faxicimile : 022 7507765

Tulisan ini masih dalam perbaikan secara terus-menerus.

 

 

 

About these ads

7 thoughts on “HEATSINK ( HEAT SINK ) & HEATER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s