membuat frame/sasis motor,atv,dll

Cara membuat sasis/frame sebenarnya tidak terlalu sulit,tapi jika menginginkan hasil yang maksimal seperti pabrikan maka hal itu akan menjadi sangat sulit bagi yang belum terbiasa.

Yang harus diperhatikan dalam membuat sasis adalah :
1. Bentuk
2. Ukuran
3. Simetris
4. Bahan/material
5. Pengelasan
6. Kerapihan
7. Finishing
8. Berat sasis
9. Ketepatan
Untuk mencapai tahap demi tahap pencapaian pembuatan sasis yang bagus maka kita harus teliti dan sabar,karena sasis adalah sesuatu yang sangat vital karena berhubungan dengan keselamatan pengendara.
Saya menganggap bahwa pembaca adalah seorang yang ahli dalam pembuatan sasis atau paling tidak  pernah melihat beberapa kali proses pembuatan sasis.
Untuk mencapai kesempurnaan pembuatan sasis maka kita harus membuat alat bantu pembuat sasis , biasanya disebut dengan nama : JIG.
Kita bisa membuat JIG sendiri dengan browsing di internet atau dari buku. Secara umum bentuk JIG adalah seperti ini :

jig standard untuk sasis motor

jig ini bukan mutlak harus seperti gambar,tapi JIG bentuk ini termasuk cukup stabil untuk sasis motor classic

Pengelasan sebaiknya menggunakan las dingin/las argon sebab bersifat dingin sehingga lebih bisa menjaga bentuk,sudut serta keutuhan sifat material.
Langkah pertama membuat sasis/frame motor adalah membuat neck/lehernya dulu.Alasannya karena leher itu pusat kendali dan sudut kemiringan.
Tentukanlah sudut neck dengan menggunakan busur atau perbandingan (X,Y).Mungkin JIG nya perlu tambahan pemegang neck , modelnya seperti dibawah ini :

jig dengan pemegang neck(bospom)

jig dengan pemegang neck(bospom)

Sudut neck sangat mempengaruhi kestabilan,kekuatan,kenyamanan serta nilai estetika(keindahan) motor.Awas..!! hati-hati dalam pembubutan rumah bearing/dreg laher neck,haruslah tidak boleh longgar,tapi harus ngepas, ukurannya adalah minus 0.02 mm.Prakteknya  adalah bearing masuk dengan dipukul pakai bantalan kayu/nylon/fiber dengan palu.Jika dipukul terlalu mudah masuk maka itu tergolong kurang bagus ,pengaruhnya  bearing akan mudah longgar dan bergeser alias koplak.
Tetapi awas …!! hati-hati dalam pemasangan Neck,terutama di tahap pengelasan, karena hal itu  membutuhkan kepresisian yang sangat tinggi ,jika sedikit saja sudutnya bergeser,maka sasis itu disebut gagal,.. nah,biasanya sesudah disatukan dengan menggunakan Las maka akan terjadi penarikan kearah titik las yang terbanyak dan paling sempit sudutnya… dan sedihnya, lebih dari 80%  sasis non original  yang beredar dipasaran adalah tidak presisi(singkang).
Adapun cara untuk mengetahui kepresisian sekaligus memasang Neck dengan benar  adalah seperti  gambar berikut :

jika anda akan memasang neck maka harus extra hati-hati

salah sedikit dalam pemasangan neck maka resikonya fatal, karena servisnya harus di bongkar las-nya,jika cuma di pres maka akan kembali lagi kesemula

Sasis dipasang pada JIG (tetapi JIG nya memang harus presisi ,yaitu JIG harus bisa menempatkan sasis itu benar-benar 90 derajat (vertikal) serta  harus ada garis tengah di dasar JIG yang benar-benar  senter.

Cara Membuat / meng oprek bagian (part) dari Frame ( sasis )

Untuk membuat atau meng oprek bagian dari frame sebenarnya sama saja dengan membuat sasis itu sendiri , cuma memang tidak sesulit membuat sasis secara keseluruhan .
Beberapa waktu yang lalu ada beberapa teman yang bertanya tentang hal itu , maka saya jelaskan di sini .

Bahwa yang paling penting harus diperhatikan  dalam membuat atau mengcustom bagian dari sasis adalah > Titik -titik koordinatnya  , maksudnya akan terlihat dalam gambar di bawah ini  , dalam gambar di bawah terdapat Swing Arm motor  (warna hitam ) , dan beberapa garis pendek dan tebal berwarna-warni yang menggambarkan Penahan / pemegang bagian dari Arm .

Graphic1

JIG ARM

keterangan :

- Garis warna kuning adalah dupikat dari As/Shaft  poros swing arm , As ini di buat dengan cara di bubut atau bisa juga dengan cara di sambung-sambung ( tergantung keadaan/kelengkapan peralatan si pengoprex ) .
Cara menyambung-nyambungnya adalah dengan cara : besi as panjangnya sepanjang pipa poros arm di lebihin panjangnya sekitar 12 cm. Sisi kiri dari as  dikasih ring yang tebalnya kira-kira 3 mm atau lebih dengan diameter lebih besar dari pipa swing arm.
kemudian masukkan ke as  dan  kemudian dilas satu titik dulu , kemudian diluruskan dengan cara di pukul pakai palu atau alat pukul lainnya  , setelah terlihat lurus benar kemudian di perkuat las-nya , yang di las adalah bagian luarnya saja.
Disebelahnya ring kemudian dikasih pipa yang diameternya  bisa masuk kedalam pipa Arm , lebar pipanya cukup 5 mm saja  , di ujung yang satunya lagi juga di kasih pipa yang sama
ujung as  yang sebelahnya lagi di beri drat/baud  untuk mengunci pipa Swing Arm.
Jika bingung mencerna uraian tadi ( karena saya juga bingung memilih kata-katanya maka saya perlihatkan gambarnya di bawah ini ,

duplikat as swing arm

As poros JIG ARM

- Garis-garis yang lainnya dalam gambar JIG ARM diatas adalah garis pembatas agar posisi-posisi penting tidak geser atau berubah koordinat sehingga fungsinya tidak benar . Teman-teman bisa menambahkan lagi bila diperlukan .
Garis-garis tersebut dalam wujud nyatanya terbuat dari besi atau bisa juga dari  logam keras lainnya seperti alumunium ,tembaga , stainless pokoknya yang ada saja disitu .

Garis-garis itu tertanam atau berpegang kepada pelat logam ( siku , holow tebal , pelat tebal ataupun betonan dari semen )

Pengelasannya bisa menggunakan las listrik , argon , karbit ( kawat tembaga ) ataupun dengan CO ( kawat tembaga ) .
Untuk Pengelasan yang perlu di perhatikan adalah setelah di Las maka jangan di beri air agar dingin , tapi biarkan saja dingin dengan sendirinya  , hal ini untuk mencegah
‘ regas ‘  .
Hati-hati dengan efek tarik pengelasan , yaitu setelah di Las maka bentuk yang tadinya begini akan jadi begitu , yaitu akan ketarik kearah pengaruh las yang paling kuat  , maka untuk menanggulanginya harus sedikit-demi sedikit dalam mengelas .
Menekuk/rol pipa

Ada beberapa cara untuk menekuk pipa , ada yang memakai pasir ,ada yang memakai ragum , ada yang di press dan adapula yang memakai roll

About these ads

11 thoughts on “membuat frame/sasis motor,atv,dll

  1. saya mau buat frame motor ….mohon info bengkel spesialis pembuat frame motor yg bs dijadikanrujukan dijakarta dan sekitarnya,apalagi yg sngat mengutamakan presisi…..thx bro

    • sebenarnya saya sendiri juga membuat frame motor ,tapi sekarang saya sedang rehat karena sedang ada pekerjaan yang lain… di bandung ada beberapa bengkel untuk membuat frame motor ,jika anda ingin tahu tempatnya silahkan saja sms ke saya 082136286419.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s