membuat frame/sasis motor,atv,dll

Cara membuat sasis/frame sebenarnya tidak terlalu sulit,tapi jika menginginkan hasil yang maksimal seperti pabrikan maka hal itu akan menjadi sangat sulit bagi yang belum terbiasa.

Yang harus diperhatikan dalam membuat sasis adalah :
1. Bentuk
2. Ukuran
3. Simetris
4. Bahan/material
5. Pengelasan
6. Kerapihan
7. Finishing
8. Berat sasis
9. Ketepatan
Untuk mencapai tahap demi tahap pencapaian pembuatan sasis yang bagus maka kita harus teliti dan sabar,karena sasis adalah sesuatu yang sangat vital karena berhubungan dengan keselamatan pengendara.
Saya menganggap bahwa pembaca adalah seorang yang ahli dalam pembuatan sasis atau paling tidak  pernah melihat beberapa kali proses pembuatan sasis.
Untuk mencapai kesempurnaan pembuatan sasis maka kita harus membuat alat bantu pembuat sasis , biasanya disebut dengan nama : JIG.
Kita bisa membuat JIG sendiri dengan browsing di internet atau dari buku. Secara umum bentuk JIG adalah seperti ini :

jig standard untuk sasis motor

jig ini bukan mutlak harus seperti gambar,tapi JIG bentuk ini termasuk cukup stabil untuk sasis motor classic

Pengelasan sebaiknya menggunakan las dingin/las argon sebab bersifat dingin sehingga lebih bisa menjaga bentuk,sudut serta keutuhan sifat material.
Langkah pertama membuat sasis/frame motor adalah membuat neck/lehernya dulu.Alasannya karena leher itu pusat kendali dan sudut kemiringan.
Tentukanlah sudut neck dengan menggunakan busur atau perbandingan (X,Y).Mungkin JIG nya perlu tambahan pemegang neck , modelnya seperti dibawah ini :

jig dengan pemegang neck(bospom)

jig dengan pemegang neck(bospom)

Sudut neck sangat mempengaruhi kestabilan,kekuatan,kenyamanan serta nilai estetika(keindahan) motor.Awas..!! hati-hati dalam pembubutan rumah bearing/dreg laher neck,haruslah tidak boleh longgar,tapi harus ngepas, ukurannya adalah minus 0.02 mm.Prakteknya  adalah bearing masuk dengan dipukul pakai bantalan kayu/nylon/fiber dengan palu.Jika dipukul terlalu mudah masuk maka itu tergolong kurang bagus ,pengaruhnya  bearing akan mudah longgar dan bergeser alias koplak.
Tetapi awas …!! hati-hati dalam pemasangan Neck,terutama di tahap pengelasan, karena hal itu  membutuhkan kepresisian yang sangat tinggi ,jika sedikit saja sudutnya bergeser,maka sasis itu disebut gagal,.. nah,biasanya sesudah disatukan dengan menggunakan Las maka akan terjadi penarikan kearah titik las yang terbanyak dan paling sempit sudutnya… dan sedihnya, lebih dari 80%  sasis non original  yang beredar dipasaran adalah tidak presisi(singkang).
Adapun cara untuk mengetahui kepresisian sekaligus memasang Neck dengan benar  adalah seperti  gambar berikut :

jika anda akan memasang neck maka harus extra hati-hati

salah sedikit dalam pemasangan neck maka resikonya fatal, karena servisnya harus di bongkar las-nya,jika cuma di pres maka akan kembali lagi kesemula

Sasis dipasang pada JIG (tetapi JIG nya memang harus presisi ,yaitu JIG harus bisa menempatkan sasis itu benar-benar 90 derajat (vertikal) serta  harus ada garis tengah di dasar JIG yang benar-benar  senter.

Menekuk/rol pipa

Ada beberapa cara untuk menekuk pipa , ada yang memakai pasir ,ada yang memakai ragum , ada yang di press dan adapula yang memakai roll

About these ads

11 gagasan untuk “membuat frame/sasis motor,atv,dll

  1. saya mau buat frame motor ….mohon info bengkel spesialis pembuat frame motor yg bs dijadikanrujukan dijakarta dan sekitarnya,apalagi yg sngat mengutamakan presisi…..thx bro

    • sebenarnya saya sendiri juga membuat frame motor ,tapi sekarang saya sedang rehat karena sedang ada pekerjaan yang lain… di bandung ada beberapa bengkel untuk membuat frame motor ,jika anda ingin tahu tempatnya silahkan saja sms ke saya 082136286419.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s